Imam Ash-Suyuthi Memprediksi 60 Tahun Lagi Kiamat, Berikut Ulasannya

Kutaraja.com Portal Ispiratif-Imam Ash-Shuyuthi Memprediksi 60 Tahun Lagi Kiamat, Berikut Ulasannya

Imam Ash-Suyuthi Memprediksi 60 Tahun Lagi Kiamat, Berikut Ulasannya

Kiamat sebagai akhir dari kehidupan di Dunia memang masih menjadi misteri sampai detik ini. Karna bila hari kiamat diberitakan kapannya tentu manusia bisa santai menunggu saat sebelum hari kiamat untuk beribadah dan bertobat. Semua makhluk Allah, tidak ada yang tahu kapan pastinya hari besar yang sudah tersiar kabarnya dari zaman bapak Adam tersebut. Bahkan Nabi Muhammad sebagai Nabi yang paling dicintai Allah-pun tidak mengetahui pasti kapan hari besar itu akan tiba. Namun begitu beliau memberikan beberapa tanda menjelang hari kiamat tiba. Seperti; keluarnya Dajjal, Ya'juj dan Ma'juj, turunnya Nabi Isa dan munculnya Imam Mahdi.
Allah Berfirman ;


يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Kapankah itu terjadi?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu hanya di sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. al-A’raf: 187)

Perlu kita tetahui bahwa kiamat itu dibagi menjadi 2; 1. Kiamat Sugho (kecil,) seperti gunung meletus, kematian seseorang, tsunami dan bencana lainnya. 2. Kiamat Kubro (besar) yakni hancurnya dunia secara menyeluruh

Meski demikian tidak sedikit orang yang memprediksi hari kiamat mulai dari peramal seperti Mama Loren yang memprediksi kiamat pada tanggal 12/12/2012, namun sampai saat ini saya masih bisa bernafas lega dimuka bumi ini kata ternyata itu Hoaks. Yang kiamat hanya Mama Loren, dia sendiri yang meninggal kala itu. Mungkin yang dimaksud Mama Loren itu kiamat sugho, mungkin demikian.

Namun ada juga Ulama' yang memprediksi Kiamat akan terjadi pada 1500 Hijriah kelak. Saat saya menulis ini kita telah sampai pada 1440 Hijriah yang berarti 60 tahun lagi kiamat.??!!!. Siapkah kita melaluinya.?. Beberapa Ulama' memprediksi akan datangnya hari kiamat. Hal itu berdasarkan ilmu dan kajian agama islam Ulama' tersebut. Imam Ath-Thabari yang keilmuannya sudah tidak diragukan lagi memprediksi kiamat pada tahun 500 Hijriah. Namun kita ketahui bersama kalau sampai saat ini pula kita sudah berada pada tahun 1440 Hijriah. Jadi bisa kita simpulksan prediksi beliau salah.  Imam Ash-Suyuthi memprediksi kiamat pada tahun 1500 Hijriah. Tentu Imam Ash-Suyuthi tidak akan asal menyebutkan kiamat akan terjadi pada tahun itu. Hal itu beliau simpulkan karena 1500 Hijriah adalah akhir dari kalender Hijriah. Atau mudahnya tidak ada lanjutan dari 1500 Hijriah (1501 seterusnya). 

Walau demikian hanya Allah yang tahu kapan pastinya hari kiamat ini akan terjadi. Yang terpenting kita selalu beribadah pada Allah dan berharap agar kita tidak sampai pada hari kiamat, karna seburuk-buruknya mati adalah pada hari kiamat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel