Saturday, February 23, 2019

5 Cara Agar Website Banyak Pengunjung

Kutaraja.com Portal Ispiratif - Cara mempromosikan website penting diketahui sebagai salah satu jalan untuk mendatangkan trafik atau visitor. Saya yakin bahwa setiap harinya, setelah membuat konten anda pasti membagikan tulisan tersebut ke berbagai sosial media, forum, grup chat, dan tempat-tempat potensial lainnya. Akan tetapi, jumlah visitor hanya segitu-gitu saja. Lantas, apa yang salah dengan hal ini?
5 Cara Agar Website Banyak Pengunjung

Yang pertama, bisa disebabkan karena konten yang anda buat tidak memiliki value lebih, kurang original, dan sama sekali tidak ada menariknya. Jelas sekali, hal seperti ini tidak bisa membuat blog atau website anda menjaring banyak pengunjung.

Selain itu, meskipun anda sudah mampu membuat konten yang berkualitas, namun cara promosi yang dilakukan tidak tepat maka sama saja. Tak ada artinya. Terlebih lagi jika blog atau website anda masih tergolong baru sehingga belum terlalu banyak dikenali oleh orang lain.

Cara Mempromosikan Website 

Jika hanya sekedar sebar link artikel saya yakin semua pasti bisa. Tetapi, yang perlu kita perhatikan adalah promosi yang dilakukan tidak dilakukan dengan sia-sia. Maka dari itu, dalam melakukan teknik promosi harus dilakukan dengan benar agar bisa mendatangkan banyak pengunjung. Beberapa hal yang dapat anda lakukan yakni sebagai berikut :

1. Promosi Melalui Email Broadcast

5 Cara Agar Website Banyak Pengunjung

Mungkin cara promosi situs yang satu ini sebelumnya sama sekali tidak terpikirkan oleh anda. Tetapi hal ini seperti boleh untuk anda terapkan, terutama untuk website tentang jual beli produk. Selain anda mendapatkan keuntungan datangnya trafik ke website, anda juga memperoleh keuntungan secara bisnis dimana "mungkin saja" orang-orang yang mendapatkan email broadcast tersebut tertarik dan membeli produk yang dijual. Jadi double untung kan?

Tetapi, ada baiknya juga apabila anda menyediakan fitur yang membuat target tidak menerima pesan broadcasting dalam waktu yang lama. Jadi, mereka sama sekali merasa terganggu dan bisa menggunakan email ketika dibutuhkan tanpa adanya gangguan sama sekali.

2. Promosi Melalui Sosial Media
5 Cara Agar Website Banyak Pengunjung

Cara mempromosikan website di facebook, instagram, Twitter, atau sosial media lainnya memang selama ini sudah sering dilakukan oleh para bloger. Namun yang sering saya lihat, masih banyak yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam promosi di sosial media seperti :
  • Spam 
  • Promosi yang salah sasaran 
  • Tidak memperhatikan waktu 
Ketiga hal tersebut sebaiknya tidak untuk dilakukan. Jangan spam, tetapi lakukan secara wajar. Tidak perlu anda berkali-kali mengirimkan link artikel ke suatu grup dalam waktu yang singkat. Jasa sekali, cara seperti ini tidak akan disukai oleh penghuni grup. Bahkan bukan tidak mungkin anda akan dikeluarkan dari grup tersebut.

Berikutnya anda mempromosikan konten ke tempat yang tidak sesuai. Jika konten yang dibuat bertemakan teknologi maka sebarkan artikel tersebut ke grup-grup yang isinya membahas teknologi. Jangan ke grup resep masakan emak-emak karena tidak sesuai. Dengan membagikan konten ke grup yang benar-benar berminat dengan tema tersebut, maka sangat mungkin untuk mendatangkan banyak visitor.

Tak hanya itu saja, promosi itu perlu waktu juga lho. Terutama bagi anda yang sering membagikan artikel ke grup-grup chat seperti telegram atau WhatsApp. Jangan sampai tengah-tengah malam kirim link artikel di saat orang sudah tertidur. Tentu sangat mengganggu.

Atau coba anda melakukan promosi melalui fans page...

Fans Page Facebook adalah bisa jadi tempat alternatif bagi anda yang ingin mempromosikan konten blog atau website di media sosial. Anda bebas membagikan artikel di sana kapan saja dan sepuasnya tanpa adanya aturan terikat. Dan untuk bisa menarik minat banyak orang, coba sediakan juga 1 gambar pendukung sesuai dengan konten yang telah dibuat.

Jangan lupakan juga Instagram dan Twitter.

Ingat, sosial media bukan hanya sekadar Facebook saja ya. Masih ada sosial media yang lainnya, diantaranya adalah Instagram dan juga Twitter. Mungkin anda jarang melakukannya, tetapi sudah banyak yang membuktikan bahwa kedua sosmed tersebut bisa dijadikan tempat untuk mempromosikan konten yang ada pada situs anda.



Untuk Instagram, memang sangat disayangkan sekali pengguna tidak dapat membagikan link artikel yang dapat dibuka secara langsung. Namun, anda masih bisa memanfaatkan gambar atau video untuk memperkenalkan website yang anda miliki. Sementara itu, untuk promosi di twitter cara kerjanya tak berbeda jauh seperti pada facebook.

3. Promosi Melalui Marketplace

5 Cara Agar Website Banyak Pengunjung

Cara mempromosikan website yang satu ini juga berlaku bagi anda yang mempunyai website bisnis. Dimana didalamnya terdapat produk atau jasa yang anda jual. Situs marketplace sendiri merupakan tempat berkumpulnya penjual dan juga pembeli dalam 1 naungan website. Dengan mempromosikan website di tempat-tempat seperti fastwork, Bukalapak, Tokopedia maka semakin besar peluang anda mendapatkan banyak pengunjung sekaligus orderan dari produk atau jasa yang anda jual.

4. Melalui Facebook Ads
5 Cara Agar Website Banyak Pengunjung

Cara memasarkan website kita juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan Facebook Ads. Tetapi cara seperti ini hanya bisa dilakukan bagi anda yang memiliki dana lebih untuk mengeluarkan biaya iklan yang akan ditayangkan pada akun facebook anda. Total biaya yang harus anda keluarkan tergantung dari seberapa banyak target like dan pengunjung yang anda inginkan. Jika anda menginginkan target pengunjung yang jauh lebih besar, maka semakin banyak juga dana yang harus disiapkan.

5. Memanfaatkan Flyer atau Banner

Apabila anda memiliki web bisnis baru, bisa menyisipkan brosur ataupun flyer pada barang yang dikirimkan. Nah pada brosur tersebut, tuliskan alamat web tersebut agar orang mengetahui bahwa anda memiliki sebuah situs yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Ini juga menjadi taktik marketing yang cukup efektif untuk menjaring pada pembeli.

Seberapa Penting Sih Promosi Website Itu?

Apakah penting melakukan promosi website itu? Jawabannya sangat perlu dilakukan bila memang anda menginginkan adanya peningkatan jumlah viewers pada situs anda. Tapi bukankah kita masih bisa melakukan optimasi SEO on page?

Yap, itu memang benar, dalam membangun sebuah website atau blog. Tetapi promosi ke sosial media atau ke tempat-tempat yang lainnya juga perlu dilakukan sebagai salah satu cara dalam optimasi SEO off page. Dengan metode promosi, membuat website yang anda miliki semakin dikenali oleh banyak orang.
Akan lebih baguslah lagi jika Optimasi SEO on page dengan membuat konten yang berkualitas seimbang dengan optimasi SEO off page dengan metode promosi seperti apa yang sudah dijelaskan di atas. Jika kedua hal tersebut dikombinasikan dan dilakukan dengan baik maka menaikkan peringkat situs anda di mesin pencari.

Penutup

Ingat, terapkan semuanya dalam taraf yang wajar. Bila anda ingin membagikan konten di grup sosial media, maka jangan sampai melakukan spamming yang justru pada akhirnya merugikan diri anda. Lakukan dan praktekkan dari sekarang, niscaya jika anda menerapkan cara mempromosikan website di atas, maka target untuk mendatangkan banyak pengunjung bukanlah sekadar impian.