Tuesday, February 19, 2019

Apa Itu Sistem Operasi 64-Bit ?

Kutaraja.com Portal Ispiratif - Sistem operasi 64-bit adalah salah satu yang mampu menyimpan informasi dalam memori yang setidaknya 64 bit atau 8 byte lebar. Mereka juga didasarkan pada register, bus alamat, atau bus data dengan ukuran yang sama. Bus adalah subsistem yang mentransfer data atau daya antara komponen komputer di dalam komputer atau di antara komputer. Bus dikendalikan oleh driver perangkat mirip dengan yang mengontrol perangkat luar seperti mouse atau printer.

Apa Itu Sistem Operasi 64-Bit

CPU 64-bit telah ada di komputer super sejak tahun 1960 dan stasiun kerja dan server sejak tahun 1990. Sementara arsitektur ini telah ada untuk sementara waktu, sistem operasi 64-bit adalah konsep yang relatif baru di dunia komputer. Windows XP, Windows Vista, dan Mac OS X Tiger adalah semua sistem operasi 64-bit.

Keuntungan sistem operasi 64-bit sangat luas. Mereka lebih kuat dan lebih dapat diandalkan daripada sistem 32-bit. Sistem operasi 64-bit dapat menangani lebih banyak memori secara langsung tanpa menggunakan skema pengindeksan atau register-pengalamatan kompleks. Karena memori internal beberapa kali lipat lebih cepat daripada penyimpanan, menggabungkan arsitektur pemrosesan 64-bit dengan lebih banyak RAM memungkinkan prosesor menarik lebih banyak data ke dalam memori dan beroperasi secara langsung, meningkatkan kinerja berlipat ganda.

Baca juga: Sejarah Windows 98 Yang Membawa Perubahan Di Zaman Modern

Sistem file 64-bit juga dapat meningkatkan manajemen disk. Daripada harus mengambil disk besar, seperti modul penyimpanan 9 GB, dan mengelompokkannya menjadi potongan-potongan yang dapat dialamatkan 32-bit (masing-masing 2 GB), Anda dapat mengatasi seluruh disk. Itu dapat membantu, misalnya, dalam kinerja basis data dan kinerja sistem operasi itu sendiri.

Sistem operasi 64-bit sangat bagus untuk pengguna yang perlu mengakses penyimpanan data yang sangat besar. Sistem ini berharga dalam industri seperti CAD (computer aided drafting), sains dan teknik, sumber daya manusia, dan pemodelan keuangan. Pengguna yang bekerja dengan aplikasi intensif komputer ini mungkin akan melihat peningkatan langsung dengan mesin 64-bit lebih dari mesin 32-bit yang berjalan pada clock rate yang sama dan dengan konfigurasi memori yang serupa.

Ada analogi sederhana yang dapat membantu menjelaskan perbedaan antara sistem operasi 32-bit dan sistem operasi 64-bit. Lingkungan pengalamatan 32-bit dapat melacak nama dan alamat setiap orang yang telah tinggal di Amerika Serikat sejak tahun 1997. Lingkungan 64-bit dapat melacak nama dan alamat setiap orang yang pernah tinggal di dunia. dari awal waktu. Itu sistem yang kuat!

Munculnya sistem operasi 64-bit adalah teknologi yang sangat dibutuhkan untuk beberapa waktu. Pengguna melihat peningkatan nyata dalam kinerja, penyimpanan, dan banyak lagi dengan sistem operasi 64-bit yang kuat ini.