---------------------- Mengupas Sejarah Windows 98 Yang Membawa Perubahan Di Zaman Modern

Advertisement

Mengupas Sejarah Windows 98 Yang Membawa Perubahan Di Zaman Modern

Sunday, February 17, 2019

Kutaraja.com Portal Ispiratif - Windows 98 - kode bernama Memphis - dirilis oleh Microsoft Corporation pada 25 Juni 1998. Windows 98 adalah penerus Window 95 dan menghadirkan produk monolitik 16-bit / 32-bit hybrid yang didasarkan pada MS-DOS. Itu segera diikuti oleh pembaruan ke sistem operasi dengan Windows 98 SE (edisi kedua) ketika Microsoft berusaha untuk memperbaiki banyak bug yang ada di versi asli.

Sejarah Windows 98

Di antara fitur-fitur Windows 98 yang lebih baru adalah dukungan AGP (accelerated graphics port) yang lebih baik, driver USB (universal serial bus) fungsional, dan dukungan untuk banyak monitor dan TV Web. Ini juga menampilkan dukungan untuk sistem file FAT32 yang memungkinkannya untuk mendukung partisi disk yang lebih besar dari dua gigabyte maksimum yang diterima oleh Windows 95. Itu juga merupakan versi Windows pertama yang mendukung ACPI (konfigurasi lanjutan dan antarmuka daya.

Windows 98 juga merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Windows Driver Model yang menstandarkan program driver perangkat dan memungkinkan lebih banyak periferal untuk berjalan dengan lancar pada sistem. Ketika Windows 98 dirilis, fakta ini tidak dipublikasikan dengan baik dan produsen perangkat terus mengembangkan perangkat dengan driver di bawah sistem lama yang akan membuat mereka tidak kompatibel dengan sistem operasi baru.

Satu keuntungan besar Windows 98 sebagai sistem operasi adalah persyaratan sistemnya rendah. Itu berarti bahwa bahkan mesin yang lebih tua dapat secara efektif dan efisien menjalankan Windows 98 dan pengguna dapat memanfaatkan pembaruan baru untuk sistem.

Baca Juga: Cara Menpercepat kinerja Leptop Pada Windows 10 Tidak Lag Main Game 100%

Windows 98 juga menawarkan dukungan penuh untuk aplikasi DOS karena dapat dengan mudah dialihkan ke mode DOS. Dalam melakukan ini, aplikasi berbasis DOS dapat menangani sistem di lingkungan asalnya. Memiliki mode DOS yang tersedia juga menyediakan cara mudah untuk memperbaiki kesalahan sistem tanpa harus masuk ke antarmuka pengguna grafis.

Seperti versi Windows sebelumnya lainnya, sistem operasi ini bukan tanpa masalah. Windows 98 tidak pernah stabil seperti yang diharapkan oleh pengguna pada umumnya. Seringkali, pengembang perangkat lunak driver dan aplikasi memiliki pengalaman yang tidak memadai dengan pembuatan program untuk sistem baru ini. Ini menyebabkan banyak kesalahan yang umumnya digambarkan sebagai kesalahan sistem oleh pengguna bahkan jika kesalahan itu tidak disebabkan oleh bagian Windows atau DOS.

Versi Windows yang lebih baru akan memperbaiki masalah ini, dan Microsoft bekerja dengan cepat untuk menyediakan tambalan ke sistem Windows 98 bagi pengguna untuk mengunduh dan membuat sistem mereka jauh lebih stabil.

Seperti kebanyakan sistem operasi, Windows 98 segera diperbarui setelah dirilis dan ditingkatkan. Itu memang memberikan beberapa pembaruan hebat yang akan berfungsi sebagai model untuk versi Windows berikutnya.