---------------------- Jadwal Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019: Jokowi vs Prabowo

Advertisement

Jadwal Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019: Jokowi vs Prabowo

Saturday, March 30, 2019

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

KUTARAJA.COM - Calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) akan "bertarung" dengan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto dalam Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 yang dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019), pukul 20.00 WIB.

Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 ini mengusung tema "Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional" yang akan dipandu oleh Zulfikar Naghi dan Retno Pinasti sebagai moderator.

Untuk membantu KPU dalam Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 ini, telah ditunjuk sembilan panelis dalam merancang pertanyaan, yakni Prof DR Zakiyuddin, M.Ag (Direktur Pascasarjana IAIN Salatiga), Dr J Haryatmoko SJ (Akademisi/pengajar fakultas teologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Dr Erwan Agus Purwanto M Si (Dekan Fisip Universitas Gadjah Mada), dan Dr Valina Singka Subekti M Si (Akademisi/pengajar departemen ilmu politik, Fisip UI).

Panelis Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 berikutnya, yakni Dadang Tri Sasongko (Sekjen Transparency International Indonesia), Al Araf (Direktur Eksekutif Imparsial), Dr Ir Apolo Safanpo ST MT (Rektor Universitas Cenderawasih), Drs I Basis Eko Soesilo MA (Akademisi/Pengajar HI Fisip Unair dan Direktur Centre for Strategic and Global Studies/CSGS), dan Dr Kusnanto Anggoro (Akademisi/Pengajar Fisip UI).

Jelang Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019, Koordinator panelis debat keempat Pilpres 2019 Valina Singka Subekti memastikan seluruh panelis akan menjaga kerahasiaan pertanyaan debat keempat.

"Pertanyaan debat sifatnya rahasia dan tidak diketahui siapapun," katanya dalam acara penandatanganan pakta integritas panelis dan moderator Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (27/3), dikutip Antara.

Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan pihaknya telah menuntaskan pendistribusian undangan Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 pada Kamis (28/3).

"KPU menuntaskan mendistribusikan undangan-undangan hari ini," katanya di Jakarta, Kamis, dikutip Antara.

KPU mendapatkan jatah mengundang 300 orang dari berbagai instansi terkait. Namun pada Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 ini KPU memutuskan tidak mengundang menteri Kabinet Kerja untuk mencegah konflik kepentingan.

Menurut Arief, undangan bagi para menteri dialokasikan kepada pihak lain yang kompeten sesuai tema Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019. Meskipun demikian KPU mempersilakan menteri tetap datang jika diundang tim sukses.

Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 merupakan 1 dari 5 putaran debat yang telah dimulai sejak 17 Januari 2019. Debat Capres pertama sudah dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta dan diikuti oleh kedua pasangan capres-cawapres. Saat itu, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga berdebat soal topik "Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Korupsi dan Terorisme".

Adapun Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 pada Sabtu (30/3) malam dapat disaksikan melalui beberapa saluran siaran langsung di televisi nasional, seperti SCTV, Indosiar, dan Metro TV. Selain itu, pemirsa juga dapat memantaunya melalui live streaming.

©tirto.id