---------------------- Lokasi Wisata Aceh Besar

Advertisement

Lokasi Wisata Aceh Besar

Thursday, March 28, 2019

Pondok-pondok di lokasi wisata Lhokseudu, Kecamatan Leupung, Aceh Besar. 

KUTARAJA.com BANDA ACEH – Kabupaten Aceh Besar menyimpan belasan lokasi destinasi wisata yang menjadi unggulan.

Berbagai upaya pun terus dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Aceh Besar, agar para wisatawan nusantara (Wisnu) dan wisatawan mancanegara (Wisman) yang tiba di Aceh Besar, bisa lebih mudah mengakses lokasi wisata.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Kadisparpora) Aceh Besar, Ridwan Jamil SSos MSi, mengungkapkan Aceh Besar, memiliki lokasi wisata yang ‘mendekati sempurna’.

Artinya, banyak tempat yang indah untuk dikunjungi serta hampir di seluruh kawasan dari pesona alam yang ada di Aceh Besar, mulai wisata pemandian Ie Seum (air panas), air terjun, dan keindahan alam laut.


“Aceh Besar lengkap. Kita punya lokasi wisata pemandian Ie Seum di Krueng Raya. Kemudian di sana juga ada Pantai Ujong Batee serta Pantai Pasir Putih Lhok Mee, yang sangat indah dan bukit Lamreh,” kata Ridwan Jamil, kepada Serambinews.com, Kamis (28/3/2019).

Selanjutnya, lokasi wisata di lintas barat selatan ada Pantai Lampuuk, Pantai Pulo Kapok, Babah Dua, Pantai Ritieng dan lokasi wisata Lhok Seudue, serta lokasi wisata Sarah, dan waduk Brayeun. Kemudian di Kecamatan Lhoong juga ada air terjun Suhoom

“Di Aceh Besar juga ada lokasi air terjun Kuta Malaka serta lokasi wisata bagi keluarga, seperti Taman Rusa di Kecamatan Suka Makmur, Taman Burung Dara di Indrapuri, Wahana Impian Malaka, dan kolam mata Ie serta Mata Ie Hillside,” sebutnya.

Di Aceh Besar juga menyimpan lokasi wisata kebun Kurma Barbate, di Jalan Radar Blangbintang yang tembus ke Krueng Raya dengan menaiki jalan perbukitan Radar.

“Dari belasan lokasi wisata yang ada di Aceh Besar itu, tidak membutuhkan perjalanan berjam-jam. Di satu sisi kami menyadari, penggarapan lokasi itu belum maksimal, sehingga keterlibatan masyarakat sekitar yang sadar wisata itu sangat penting dan itu bisa menjadi penunjang memperbaiki ekonomi dan pengidupan,” kata Ridwan JAmil.

Dukungan serta kesadaran dari masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi wisata itu diharapkan bisa tumbuh besar, baik segi penataan tempat mereka, keramahtamahannya, serta penyambutannya yang hangat dan bersahabat, sehingga setiap wisatawan yang dating ke sana bisa betah dan diharapkan akan kembali lagi ke sana.

“Bahkan bila seseorang itu merasa nyaman, aman, serta tenang berada di tempat wisata itu, kemungkinan besar dia akan ‘menebarkan virus’, membawa pesan baik terhadap lokasi wisata yang dikunjunginya itu kepada rekan-rekannya. Jadi, mulai sekarang kita harapkan masyarakat mulai melahirkan inovasi-inovasi seperti yang dilakukan masyarakat di lokasi wisata Lhokseudue. Jadi, tidak sepenuhnya menaruh harapan itu, pemerintah yang selalu harus turun tangan,” sebutnya.

sumber : serambi