---------------------- Pentolan Parpol Pendukung Jokowi Diciduk KPK, Begini Reaksi Tak Terduga Erick Thohir!

Advertisement

Pentolan Parpol Pendukung Jokowi Diciduk KPK, Begini Reaksi Tak Terduga Erick Thohir!

Thursday, April 11, 2019

Erick Thohir. (news.detik.com)

KUTARAJA.COM - Jagat politik tanah air dikejutkan dengan kabar terciduknya Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK. Rommy ditangkap berada di Kanwil Kemenag Surabaya (Jatim) pada Jumat (15 Maret 2019) pukul 09.00 WIB.

Kabar penangkapan Rommy juga dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Barung Mangera (news.detik.com, 15 Maret 2019).
Jual Beli Jabatan Kemenag?
Rommy diciduk aparat KPK melalui OTT terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) yang melibatkan anggota DPR, pejabat di Kemenag, dan pihak swasta.

Jubir KPK Febri Diansyah menyatakan saat penangkapan ada uang yang diamankan petugas yang diduga bagian dari transaksi.

"Transaksi ini diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kemenag baik di pusat maupun daerah. Paling lama 24 jam nanti akan disampaikan status perkara.

Siapa yang jadi tersangka," kata Febri di KPK, Jumat (15/3/2019) seperti dikutip cnnindonesia.com (15/3/2019).
Dalam OTT tersebut ada 5 orang yang diamankan dan langsung dibawa ke Polda Jatim untuk menjalani pemeriksaan awal.
Terkait geger terciduknya pentolan PPP dalam OTT KPK tersebut, Ketua TKN Paslon 01 Erick Thohir, memberikan reaksi tak terduga. Ia yakin KPK terhadap Rommy tak akan berpengaruh terhadap elektabilitas Jokowi-Ma’ruf.

"Nggak (berpengaruh ke elektabilitas Jokowi-Ma'ruf). Kan nggak ada hubungannya dengan pilpres. Kecuali, mohon maaf, misalnya ada hubungan dengan pilpres ya bisa.

Tapi kalau pribadi ya sulit," kata Erick Thohir, usai bertemu dengan Ma'ruf, di kediaman Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019) seperti dikutip cnnindonesia.com (15 Maret 2019).
Erick menyatakan penangkapan ketum parpol koalisinya itu tak berkaitan dengan Pilpres. Dia pun meminta agar apa yang menimpa Rommy tidak dikaitkan dengan pilpres.

Tamparan buat Paslon 01?
Terciduknya Rommy dalam OTT KPK memang agak sulit dipercaya. Pasalnya, selama ini Rommy dikenal sebagai politisi muda yang cukup cerdas, kritis, dan visioner sehingga setiap pernyataannya selalu diperhitungkan kubu lawan. Kalau tiba-tiba diciduk lembaga antirasuah, jelas bisa memicu banyak spekulasi dan rentan digoreng menjadi isu politik yang kian memanas.

Keberhasilannya meraih ‘tahta’ tertinggi di PPP bisa menjadi bukti bahwa Rommy bukan tokoh sembarangan. Ia dinilai memiliki pengaruh yang cukup besar di kalangan kader PPP.

Kalau dugaan bahwa Rommy terlibat dalam “transaksi jual beli jabatan” di Kemenag itu benar, bukan mustahil bakal menurunkan marwah Rommy sebagai politisi muda yang bersih. Bahkan, bukan mustahil bakal menjadi tamparan keras buat Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf, neskipun hal itu dibantah Erick Thohir. Pasalnya, Rommy termasuk salah satu politisi yang punya peran besar terhadap duet ini dalam kontestasi Pilpres 2019.

Apakah kasus yang melibatkan Rommy ini bakal menjadi isu politik memanas menjelang Hari H Pilpres 2019? Kita tunggu saja!