---------------------- 4 Tahun Lulus Sarjana Belum Dapat Pekerjaan, Namun Ternyata Tuhan Berkehendak Lain, Kini

Advertisement

4 Tahun Lulus Sarjana Belum Dapat Pekerjaan, Namun Ternyata Tuhan Berkehendak Lain, Kini

Monday, April 1, 2019


KUTARAJA.COM - Hay sobat, tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah semua butuh yang namanya proses. Orang-orang bahkan mengalami banyak kegagalan untuk mencapai sebuah kesuksesan. Salah satu contoh yaitu datangnya dari kisah inspiratif seorang pria dari malaysia yang memulai kisah suksesnya dengan beberapa kegagalan.

Kisah seorang laki-laki yang berusia 25 tahun bernama Muhammad Sholihin Moh Yasin menjadi buah bibir dari para penikmat media sosial. Sholihin panggilan akrabnya ada seorang sarjana ilmu kelautan, Ia telah menyelesaikan studinya pada tahun 2016 silam.

Namun setelah lulus ia tak lantas mendapatkan pekerjaan. Ia menceritakan bahwa dirinya sudah 4 tahun mencari pekerjaan namun tidak dapat. Alasannnya karena lapangan kerja yang sesuai dengan basis keilmuannya jauh dari daerah tempat tinggalnya. Sebagian besar pekerjaan yang terkait dengan basisnya berada didaerah jangkauannya lebih besar.


Muhammad Sholihin sendiri diketahui anak terakhir dari lima bersaudara. Tak kunjung bekerja setelah empat tahun menyandang gelar sarjana dibidang ilmu kelautan tidak membuatnya berkecil hati. Alih-alih terus bersedih ia mencoba membantu keuangan keluarganya dengan membudidayakan jamur tiram dirumahnya.

Alasan ia memilih jamur tiram karena tidak membutuhkan lahan yang luas, sayuran lain butuh lahan yang luas untuk dibudidayakan sedangkan jamur tiram hanya butuh rak dan diatur secara strategis agar sesuai ruang yang tersedia. Ringkas dan mudah dibudidaya, sholihin menyiapkan dan membuat stok spora jamur sehingga pembeli dapat menumbuhkan jamur tiram mereka dirumah sendiri.

Nah, dari situlah sholihin sedikit demi sedikit meraih sukses dan bisa membantu keuangan keluarganya malah sangat bisa mempekerjakan tetangganya. Maka dari situ kita dapat mengambil pelajaran bahwa kita tidak boleh pantang menyerah karena sukses itu bisa ada dimana saja, tergantung kita bisa meraihnya atau tidak.