Dosa Bagi Orang Yang Tidur Menjulurkan Kaki ke Arah Kiblat!!

TAHUKAH Anda bagaimana peraturannya orang yang tidur dengan posisi kaki menjulur ke arah kiblat? Dalam Islam, kita sangat dituntut untuk memuliakan syiar-syiar Islam, seperti Al-Quran dan kiblat.

Dosa Bagi Orang Yang Tidur Menjulurkan Kaki ke Arah Kiblat!!

Berdasarkan para ulama, di antara wujud memuliakan Al-Quran dan kiblat yakni tidak menjulurkan kaki ke arah Al-Quran dan kiblat, baik dalam keadaan terjaga maupun dalam keadaan tidur.


Disebutkan dalam kitab Tabyin Al-Haqaiq, bahwa menjulurkan kaki ke arah kiblat baik pada saat terjaga maupun tidur yakni makruh. Sebagimana makruh juga menjulurkan kaki ke arah Al-Quran dan kitab-kitab fiqih.

Dan dimakruhkan menjulurkan kaki ke arah kiblat, mushaf, dan kitab-kitab fiqih baik sewaktu dalam keadaan tidur dan lainnya.

BACA: 



Malah terdapat beberapa ulama yang cenderung mengharamkan menjulurkan kaki ke arah kiblat. Di antaranya yakni Imam Zarkasyi. Hal ini sebab menjulurkan kaki pada arah kiblat ada elemen penghinaan pada kiblat. Padahal kiblat termasuk syiar Islam yang sepatutnya dimuliakan, sebagaimana Al-Quran. Ini sebagaimana diceritakan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj berikut,

Malah Imam Zarkasyi menegaskan akan keharaman menjulurkan kaki pada mushaf, ada pendapat yang mengucapkan menjulurkan kaki ke arah kakbah juga sama, melainkan perbedaan tata tertib antara keduanya terdapat perbedaan di bermacam-macam sisi.

Oleh sebab itu, pada saat kita tidur, hendaknya sebisa mungkin kita menghindari tidur dengan posisi kaki menjulur ke arah kiblat. Saat kita tidur hendaknya tidur dalam keadaan posisi miring sebelah kanan, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi SAW, dan menghindari posisi kaki menjulur dan mengarah ke arah kiblat. kutaraja.com

BACA: 

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel