Pengertian, Jenis Dan Fungsi Alat Musik Tradisional Sebagai Sarana Hiburan

Kutaraja.com - Apa Itu Musik? Musik adalah sebuah bunyi yang di keluarkan melaui sebuah alat yang di namakan alat musik, Musik terdiri dari berbagai melodi dan ritmik yang teratur yang di hasilkan, sehingga enak untuk di dengar oleh manusia.

Sedangkan Alat Musik adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengeluarkan bunyi dengan melodi yang teratur sehingga terciptanya sebuah seni yang indah, Alat musik emang di buat khusus untuk dapat memproduksi sebuah alunan suara dengan cara tertentu yang bisa di atur makanya di sebut sebagai alat musik, Contoh alat musik zaman sekarang yaitu Gitar, Terompet, Drum sedangkan alat musik zaman tradisional yaitu gendang, Angklung, Gamelang Dll.

Pengertian, Jenis Dan Fungsi Alat Musik Tradisional Sebagai Sarana Hiburan

Musik itu terdiri dari dua macam Yaitu musik tradisional dan musik moderen.

Apa Itu Musik Tradisional? Musik tradisional adalah musik yang turun temurun lahir dan berkembang di daerah- daerah di Indonesia.

Ciri khas pada jenis musik ini teletak pada isi lagu dan instrumen (alat musiknya).

Musik tradisional memiliki karakteristik khas, yakni syair dan melodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat. Contoh musik tradisional ini adalah musik dangdut, musik country dan lain sebagainya. Sedangkan.

Musik Modern adalah jenis musik yang sering juga dinamai musik kreasi baru. Musik modern pada dasanrya adalah musik klasik dan musik tradisional yang dikemas dalam nuansa yang baru (dengan sentuhan teknologi) sebagai hasil dari tuntutan sikap masyarakat yang dinamis dari zaman ke zaman. Instrumen dan tempo pada seni musik modern ini umumnya sudah dipoles sedemikian rupa.

BACA: Lelaki Pecinta Kucing Adalah Calon Suami Terbaik, Berikut Faktanya!

Contoh musik modern ini antara lain musik pop, musik rock, musik RnB dan masih banyak lagi lainnya.

Jenis Dan Fungsi Alat Musik Tradisional

1. Angklung

Pengertian, Jenis Dan Fungsi Alat Musik Tradisional Sebagai Sarana Hiburan

Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari jawa barat yang berkembang di sunda di pulau jawa, alat musik ini di buat dari bambu, di mainkan dengan cara gigoyangkan.

Angklung ini sudah menjadi alat musik yang berfungsi untuk sebuah hiburan, Ada banyak jenis angklung, salah satunya adalah Angklung Diatonis ciptaan Daeng Sutisna yang kemudian menjadikan angklung mampun untuk memainkan nada-nada dari musik modern dan mancanegara.

Fungsi utama angklung adalah sebagai alat musik tradisional yang menciptakan bunyi dengan harmoni yang indah baik sebagai pengiring lagu atau hanya dimainkan secara instrumental.

2. Gamelan

Pengertian, Jenis Dan Fungsi Alat Musik Tradisional Sebagai Sarana Hiburan

Gamelan adalah alat musik tradisional yang berasal dari jawa, sundah dan bali, yang memiliki tangga nada pentatonis dalam sistem tangga nada (laras) slendro dan pelog.

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa, “gamel” yang berarti memukul atau menabuh, diikuti akhiran “an” yang menjadikannya kata benda.

Ada banyak macam jenis gamelan yaitu: Kendang, Gong, Siter, Rebab, Dll.

Fungsi Gamelan yaitu sebagai musik untuk tari dengan ada iringingan gamelan untuk upacara adat, iring-iringan pernikahan.

3. Bonang 

Pengertian, Jenis Dan Fungsi Alat Musik Tradisional Sebagai Sarana Hiburan

Alat musik tradisional yang ketiga yaitu Bonang Alat musik bonang yang berasal dari daerah Jawa Timur yang mempunyai ciri jenis bunyi Ideofon.

Cara memainkannya alat ini dengan dipukul menggunakan alat khusus.

Bonang Berfungsi sebagai pembawa musik melodi yang merupakan induk dari semua alat musik lainnya. Pangkat (intro) lagu Degung dimulai dari alat musik ini.

4. Sasando

Pengertian, Jenis Dan Fungsi Alat Musik Tradisional Sebagai Sarana Hiburan

Salah satu alat musik tradisional yang di maikan dengan di petik ini di namakan sasando yang berasal dari pulau Rote, NTT.

Kini dengan sedikit modifikasi, ada sasando elektrik. Meski modern alat musik ini tetap mempertahankan bentuknya yang klasik, yaitu beresonansi daun lontar.

Di Indonesia, sasando terbilang langka. Apalagi makin berkurangnya minat anak muda yang memainkan alat musik itu.
Padahal dengan modifikasi elektrik tak tertutup kemungkinan bisa bersaing dengan alat musik masa kini.

5. Gendang

Pengertian, Jenis Dan Fungsi Alat Musik Tradisional Sebagai Sarana Hiburan

Gendang adalah alat musik yang berasal dari kepulauan riau yang mempunyai ciri khas nya dengan bunyi yang membranofon, Cara menggunakanya dengan  menepukkan tangan pada area yang lunak.

BACA: Pernikahan Sampai Maut Memisahkan, Kalau Salah Betulkan Bukan Bercerai.

Fungsi Gendang dalam suatu lagu yang dimainkan memiliki hal terpenting yaitu mengendalikan tempo dan irama setiap gending, baik tempo pokok maupun irama cepat ataupun lambat dan tangkap, diatur dengan bunyi kendang termasuk didalamnya mengawali dan mengakhiri gendingan.
Wulan Sari Hidup Ini Cuma Sekali, Maka Manfaatkan Hidup Ini Dengan Berbagi Kebaikan Antara Sesama
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel