Bahaya Dan Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh - Kutaraja

Bahaya Dan Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh

Bunga telang merupakan salah satu bahan alami dengan ragam nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bunga yang identik dengan warna biru keunguan ini sering digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit tertentu. Adapun beberapa zat yang terkandung dalam bunga telang seperti flavonoid, antosianin, flavonol, dan lain sebagainya.

Bahaya Dan Manfaat Bunga Telang

7 Manfaat bunga telang yang dapat menjaga kesehatan tubuh

Kandungan-kandungan yang tersimpan dalam bunga telang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan di bidang kesehatan. Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari bunga telang terhadap kesehatan tubuh sebagai berikut.

1. Sebagai antioksidan

Manfaat bunga telang yang pertama yaitu menjadi zat antioksidan. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya pengelolaan stres oksidatif dan pencegahan tubuh dari pengaruh radikal bebas. Bunga telang merupakan satu dari beberapa jenis tanaman yang mengandung zat antioksidan paling tinggi. Tentu dengan mengkonsumsi bunga ini akan berdampak sangat signifikan terhadap kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan sistem kekebalan

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah menyangkut sistem kekebalan tubuh.  Bunga telang dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh serta mengurangi risiko penyakit yang diakibatkan oleh infeksi, seperti flu, batuk, dan pilek. Karena manfaatnya yang menyangkut kebugaran maka bunga telang juga dapat meminimalisir risiko ancaman penyakit.

3. Mencegah hipertensi

Salah satu penyakit berbahaya yang dapat disembuhkan dengan menggunakan bunga telang yaitu tekanan darah tinggi. Bunga telang dapat membantu proses pengendalian tekanan darah sehingga dapat meminimalisir tekanan yang berlebihan atau biasa disebut hipertensi. Bunga ini mengandung beberapa zat yang dapat mengurangi faktor penyebab hipertensi.

4. Menghindari obesitas

Mencegah terjadinya obesitas juga merupakan salah satu manfaat bunga telang.  Manfaat ini didapat dari kemampuannya dalam menghambat adipogenesis, suatu pembentukan jaringan lemak di dalam tubuh. Dengan mengurangi intensitas pembentukan lemak yang berlebihan, maka secara tidak langsung bunga tulang mampu menekan potensi obesitas.

5. Mengurangi resiko diabetes

Salah satu kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi risiko diabetes adalah ekstrak hipoglikemia. Diabetes sendiri umumnya ditandai dengan gangguan hiperglikemia, dislipidemia, hingga sekresi insulin akibat beberapa faktor seperti meningkatnya glikasi lanjut, bertambahnya kadar fruktosamin, dan oksidasi protein. Faktor ini dapat dihambat dengan ekstrak hipoglikemia pada bunga telang.

BACA: Review Sabun,Serum Dan Scrub Kedas Beauty.

6. Menghambat kanker

Manfaat lain yang tersimpan dari bunga telang yaitu mengurangi pembentukan sel-sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan salah satu sifat yang dimiliki bunga telang adalah anti kanker. Salah satu kandungan paling berpengaruh terhadap sel pembentukan kanker adalah aktivitas antiproliferasi ekstrak, meskipun tidak semua jenis kanker bisa diatasi.

7. Mencegah peradangan

Berikutnya, manfaat bunga telang juga terlihat pada antiinflamasi sebagai salah satu sifat yang dapat mengurangi peradangan. Bahan yang terkandung didalamnya memiliki peran sebagai analgesik yang dapat menurunkan risiko penyakit akibat peradangan. Keberadaan antiinflamasi dan analgesik ini dapat menghilang rangsangan berbahaya yang mungkin dirasakan oleh tubuh.

Bahaya Dan Manfaat Bunga Telang

Bahaya/Efek samping bunga telang bagi kesehatan tubuh

Meskipun bunga telang memiliki berbagai macam manfaat, namun tidak menutup kemungkinan kandungan bahan alami di dalamnya juga menimbulkan efek samping tertentu. Adapun beberapa efek samping bunga telang yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Penyebab batu ginjal

Bunga telang memiliki salah satu kandungan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, yaitu senyawa asam oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal. Efek samping bunga telang ini akan muncul apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

Apabila kadar senyawa asam oksalat tertumpuk di dalam tubuh maka akan memicu terjadinya pengikatan senyawa lain yang kemudian menjadi padat dan sulit untuk dicerna. Oleh karenanya berpotensi terhadap risiko batu ginjal.

2. Penyebab anti gizi

Efek samping bunga telang berikutnya yaitu mampu menyebabkan efek anti gizi di dalam tubuh. Faktor penyebabnya juga berasal dari senyawa asam oksalat. Kadarnya yang terlalu tinggi membuat kandungan gizi menjadi terikat dan tidak dapat digunakan oleh tubuh. Apabila resiko ini terjadi secara terus-menerus maka akan mengakibatkan tubuh kekurangan gizi.

Pada umumnya, efek samping yang diakibatkan oleh bunga telang hanya disebabkan oleh cara mengkonsumsi yang kurang tepat, seperti berlebihan atau salah dalam memilih bunga yang baik dan masih segar. Untuk itu, sebelum mengkonsumsinya tentu harus dipastikan terlebih dahulu mengenai cara yang diterapkan beserta kondisi bunga telang yang digunakan.

Wulan Sari Hidup Ini Cuma Sekali, Maka Manfaatkan Hidup Ini Dengan Berbagi Kebaikan Antara Sesama
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel